Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tampilan Layar Excel

Wednesday, March 28, 2018 | March 28, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-03-29T06:41:54Z

                       Tampilan Layar Excel

Microsoft Excel 2007 adalah sebuah program aplikasi lembar kerja (spreadsheet). Excel 2007 merupakan bagian dari Microsoft Office 2007, yaitu suatu paket yang terdiri atas beberapa program, antara lain Excel, Word, Access, PowerPoint, Outlook, Groove, InfoPath, OneNote, Publisher. Excel merupakan produk unggulan dari Microsoft Corporation yang banyak berperan dalam pengelolaan informasi khususnya data berbentuk angka untuk perhitungan, proyeksi,
 analisis, dan persentasi data.
Untuk membuka Excel, klik tombol Start di lajur taskbar di bagian bawah layar Windows, lalu klik All Programs. Biasanya Excel tersimpan dalam folder Microsoft Office. Klik folder tersebut dan pilih Microsoft Excel 2007. Setelah kita membuka Excel, tampilan layar monitor akan ditampilkan pada Gambar 1



Ketika Tombol Office di-klik, tampilan yang dihasilkan seperti Gambar 2


               Tombol office merupakan pengganti menu File yang sering dijumpai dalam Microsoft Excel versi sebelumnya. Tombol ini berisi perintah-perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen, seperti membuka dokumen, menutup dokumen, dan mencetak dokumen.
               Tab merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian group yang memuat beberapa tombol perintah yang relevan.
               Title Bar (lajur judul) tercantum nama program, yaitu nama dokumen atau file yang sedang diproses dan nama aplikasi yaitu Microsoft Excel. Pada awalnya, Excel memberi nama Book1 pada file tersebut, namun kita dapat mengubahnya ke nama lain
               Grup merupakan bagian yang terletak di bawah tab dan berisi sederetan tombol- tombol perintah untuk menjalankan suatu proses tertentu dengan cara mengklik tombol-tombol perintah tersebut.
               Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang memiliki keistimewaan khusus dan terletak di bagian sudut kanan atas lembar kerja. Isi tombol-tombol perintah dalam toolbar ini dapat dimodifikasi, sehingga kita dapat menambahkan beberapa tombol perintah yang sering digunakan dalam toolbar ini.

               Tombol Dialog merupakan tombol dengan simbol anak panah yang di bagian kanan nama. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog dengan perintah-perintah yang lebih kompleks dan masing-masing disesuaikan dengan nama toolbarnya.
               Close merupakan tombol yang befungsi untuk menutup dokumen atau keluar dari Microsoft Excel.
               Maximize dan Minimize berfungsi untuk memaksimalkan dan meminimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
               Name Box berfungsi untuk memasukkan alamat sel atau nama dari range yang menunjukkan pada suatu tempat tertentu di lembar kerja. Pemberian nama pada suatu sel atau range tertentu di lembar kerja akan memudahkan dalam operasi matematika atau pembacaan suatu tabel.
               Formula Bar digunakan untuk menampilkan informasi isi sel yang aktif di lembar kerja, untuk memasukkan dan mengubah formula/rumus.
               Scrollbar Vertikal digunakan untuk menggulung layar secara vertical dan Scrollbar Horizontal digunakan untuk menggulung layar secara horizontal.
               Tabulasi sheet merupakan lembar kerja utama dari Microsoft Excel yang digunakan untuk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sebagai sumber data pembentuk tabel atau laporan.
               Navigasi sheet merupakan sederetan tombol perintah yang berfungsi untuk pindah antar sheet aktif.
               Tombol pengatur tampilan lembar kerja merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja.
               Zoom level merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur ukuran tampilan dokumen dalam lembar kerja.

                       Lembar Kerja Dan Buku Kerja

Lembar kerja atau worksheet merupakan bagian utama pada layar Excel. Lembar kerja dibagi atas kolom (colums) dan baris (rows). Office Excel 2007 kini didukung kemampuan dengan jumlah kolom dan baris yang semakin banyak, yaitu 1.048.576 baris dan 16.384 kolom setiap worksheet. Dengan demikian, kolom terakhir pada worksheet Excel adalah XFD bukan lagi kolom IV.
Dibanding versi sebelumnya hanya 65.536 baris dan 256 kolom. Ini berarti penambahan jumlah baris 15,25 kali dan jumlah kolom 62,5 kali. Dari jumlah sel, maka kemampuan baru Excel 2007 meningkat 1024 kali. Perpotongan antara kolom dan baris disebut sel dan kumpulan sel disebut range.
File yang dihasilkan dengan suatu program aplikasi disebut dokumen. Excel akan menghasilkan dokumen yang disebut buku kerja atau workbook. Suatu buku kerja merupakan kumpulan lembar kerja. Selain lembar kerja, suatu buku kerja dapat mengandung lembar grafik.

                    MEMULAI MENGOPERASIKAN MICROSOFT EXCEL 2007


                       Memanipulasi Lembar Kerja

Lembar kerja Microsoft Excel dapat dimanipulasi sesuai dengan keinginan, misalnya:

1.      Mengubah nama lembar kerja
a.  Klik kanan pada tulisan Sheet1.
b.  Pilih Rename.
c.  Ketik nama yang diinginkan, kemudian tekan Enter.
2.      Menyisipkan lembar kerja
a.  Klik kanan suatu sheet.
b.  Pilih Insert.
c.  Pilih Worksheet dan tekan OK.
3.      Menghapus lembar kerja
a.  Klik kanan suatu sheet.
b.  Tekan Delete.
4.      Memindahkan lembar kerja
a.  Klik suatu sheet.
b.  Drag ke kiri atau ke kanan.
5.      Duplikat lembar kerja
a.  Klik kanan suatu sheet.
b.  Pilih Move or Copy.
c.  Pilih sheet yang akan di-copy
d.  Aktifkan list box yang bertuliskan create a copy.

                       Input Data

Ada dua macam data yang dapat dimasukkan ke setiap sel, yaitu:
a.      Nilai tetap, seperti teks, angka, tanggal, dan waktu. Cara memasukkan datanya adalah langsung diketik di sel yang diinginkan.
b.      Formula (rumus) yang digunakan untuk melakukan perhitungan atau operasi lainnya. Cara memasukkan datanya adalah harus diawali dengan sama dengan “=”, “+” atau “-“.
Data teks dapat mengandung karakter abjad (A, a, B, b, C, c, D, d,...), angka (1, 2, 3, 4, ...), simbol (!, @, #, $, %, ?,...) dan spasi. Data angka dapat berlaku sebagai teks jika diawali dengan apostrop (‘). Contohnya nomor telepon 0251435647. Jika data angka berlaku sebagai teks maka tidak dapat dilakukan operasi hitung. Perbedaan antara data teks dan data angka adalah tulisan data teks adalah rata kiri, sedangkan tulisan data angka adalah rata kanan.
Data angka yang dapat dimasukkan adalah:
a.      Bilangan bulat, misalnya 123.
b.      Bilangan pecahan desimal, misalnya 23.76. Secara default, simbol desimal harus titik, bukan koma. Simbol desimal dengan titik ini merupakan format bahasa jika kita menggunakan Bahasa Inggris, tetapi kalo format bahasa di komputer kita Bahasa Indonesia, maka simbol desimal adalah koma. Perubahan format bahasa bisa dilakukan melalui Start Control Panel Regional and Language Options. Pilih format di bagian combo box.

c.      Bilangan pecahan bulat, misalnya 1 1/5. Cara pengetikannya adalah ketik bilangan bulatnya, lalu tekan spasi, kemudian ketik bilangan pecahannya. Jika angka itu hanya mengandung pecahan dan tidak ada bilangan bulatnya, misal 5/6, ketiklah 0, lalu spasi, dan kemudian ketik 5/6 (jadi 0 5/6). Jika langsung diketikkan 5/6, maka Excel menafsirkan sebagai tanggal 6 Mei.
d.      Bilangan dengan notasi ilmiah, misalnya 3.56E+2 (E+2 berarti 102)
e.      Bilangan negatif diawali dengan lambang minus, misalnya -768 atau ditulis di antara kurung (768).
Kita dapat menampilkan data angka dengan berbagai format, misalnya dengan mencantumkan lambang mata uang Rp, dalam bentuk persen.
Data angka yang dimasukkan pada lembar kerja dapat dioperasikan dengan rumus/formula/fungsi. Adapun cara penulisan operator aritmetika dalam Excel sebagai berikut:
·   +               : penjumlahan
·        -                : pengurangan
·        * (asterik) : perkalian
·        / (slash) : pembagian
·        ^               : pemangkatan
Hirarki operator aritmetika dalam proses perhitungan dimulai dari ^, *, +, -. Akan tetapi jika perhitungan di dalam tanda kurung (...), maka Excel akan mendahulukannya.
Data tipe tanggal dan waktu dapat diketikkan dengan tampilan format yang beragam. Ketika memasukkan suatu tanggal dengan format misalkan 9-5-06, maka Excel akan mengubah menjadi 9/5/2006 atau 5-Sep-06 atau format lain sesuai dengan format yang dipilih.
Pemasukkan data di suatu sel dapat diakhiri dengan menekan Enter atau tombol panah atau tombol PageUp dan PageDown.

                       Bekerja Dengan Excel

Ketiklah lembar kerja seperti Gambar 3. Untuk menampung teks yang kita tuliskan, kolom-kolom tersebut dapat diperlebar dengan cara menggeser batas kanan kolom dengan mouse atau mengklik 2x batas kanan kolom yang akan diperlebar.


Pencarian : 
- Fungsi Menu yang ada dalam Microsoft Excel
- Cara mengoperasikan Microsoft Excel
- Tatak Letak Menubar Excel



Modul Belajar                                      Tutor                                                        Selamat Mencoba
Microsoft Excel 2007                            Fuad Hasyim. S.Kom                             


×
Berita Terbaru Update