2017 menandai tahun yang berat bagi banyak
dari Anda, dengan beberapa masalah yang mempengaruhi komunitas kami dan
pendapatan yang diperoleh dari periklanan melalui Program Mitra YouTube (YPP).
Meskipun ada lebih banyak pencipta daripada yang berpenghasilan di YouTube,
dengan jumlah saluran yang menghasilkan lebih dari enam angka lebih dari 40%
dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018, fokus utama untuk semua orang di YouTube
melindungi ekosistem pencipta kami dan memastikan pendapatan Anda lebih stabil.
Seperti yang Susan sebutkan di bulan
Desember, kami membuat perubahan untuk mengatasi masalah yang mempengaruhi
komunitas kami di tahun 2017 sehingga kami dapat mencegah pelaku buruk
melecehkan pencipta inspirasi dan asli di seluruh dunia yang mencari nafkah di
YouTube. Sebagian besar dari upaya itu akan memperkuat persyaratan kami untuk
monetisasi sehingga spammer, peniru, dan aktor buruk lainnya tidak dapat
melukai ekosistem kita atau memanfaatkan Anda, sambil terus memberi penghargaan
kepada mereka yang membuat platform kami hebat.
Kembali pada bulan April 2017, kami
menetapkan persyaratan kelayakan YPP dari 10.000 tampilan seumur hidup.
Meskipun ambang tersebut memberikan lebih banyak informasi untuk menentukan
apakah sebuah saluran mengikuti pedoman dan kebijakan masyarakat kami, sudah
jelas selama beberapa bulan terakhir bahwa kami memerlukan standar yang lebih
tinggi.
Mulai hari ini kami mengubah persyaratan
kelayakan untuk monetisasi menjadi 4.000 jam waktu tayang dalam 12 bulan
terakhir dan 1.000 pelanggan. Kami telah sampai di ambang baru ini setelah
melakukan analisis dan percakapan menyeluruh dengan pembuat konten seperti
Anda. Mereka akan memungkinkan kami untuk secara signifikan meningkatkan
kemampuan kami untuk mengidentifikasi pembuat konten yang berkontribusi secara
positif kepada masyarakat dan membantu mendorong lebih banyak pendapatan iklan
kepada mereka (dan jauh dari aktor jahat). Standar yang lebih tinggi ini juga
akan membantu mencegah video yang tidak pantas dari penghasilan yang dapat
merugikan pendapatan bagi semua orang.
Pada tanggal 20 Februari 2018, kami juga
akan menerapkan ambang ini di saluran yang ada di platform, untuk memungkinkan
tenggang waktu 30 hari. Pada tanggal tersebut, saluran dengan kurang dari 1.000
jam selancar atau 4.000 jam tidak akan lagi bisa menghasilkan uang di YouTube.
Ketika mereka mencapai 1.000 jam dan 4.000 jam menonton, mereka akan secara
otomatis dievaluasi ulang berdasarkan kriteria ketat untuk memastikan mereka
mematuhi kebijakan kami. Saluran baru perlu diterapkan, dan aplikasinya akan
dievaluasi saat mereka mencapai tonggak sejarah ini.
Meskipun perubahan ini akan mempengaruhi
sejumlah saluran yang signifikan, 99% dari mereka yang terkena dampak
menghasilkan kurang dari $ 100 per tahun pada tahun lalu, dengan pendapatan 90%
kurang dari $ 2,50 pada bulan lalu. Saluran apa pun yang tidak lagi memenuhi
ambang batas ini akan dibayar sesuai dengan yang telah kami dapatkan
berdasarkan kebijakan AdSense kami. Setelah mempertimbangkan dengan matang, kami yakin ini adalah kompromi yang
diperlukan untuk melindungi masyarakat kita.
Tentu saja, ukuran saja tidak cukup untuk
menentukan apakah saluran cocok untuk monetisasi, jadi kami akan terus
menggunakan sinyal seperti teguran komunitas, spam, dan bendera pelecehan
lainnya untuk memastikan bahwa kami melindungi komunitas pencipta dari pelaku
yang buruk. Karena kami terus melindungi platform kami dari penyalahgunaan,
kami ingin mengingatkan Anda untuk mengikuti kebijakan program Kebijakan,
Kebijakan Dasar dan Kebijakan YouTube, Persyaratan Layanan, dan Kebijakan
Google AdSense, karena hal ini dapat menyebabkan penghapusan dari YouTube
Program Mitra.
Meskipun perubahan ini akan mengatasi
penyalahgunaan potensial dari kelompok saluran kecil yang lebih besar namun
berbeda, kami juga tahu bahwa tindakan buruk dari satu saluran besar juga dapat
berdampak pada masyarakat dan bagaimana pengiklan melihat YouTube. Kami akan
berupaya menjadwalkan percakapan dengan pembuat konten kami dalam beberapa
bulan ke depan sehingga kami dapat mendengar pemikiran dan gagasan Anda dan apa
lagi yang bisa kami lakukan untuk mengatasi tantangan itu.
Salah satu nilai inti YouTube adalah
memberi siapa pun kesempatan untuk menghasilkan uang dari saluran yang
berkembang, dan sementara kebijakan kami akan berkembang seiring berjalannya
waktu, komitmen kami terhadap nilai tersebut tetap ada. Anda yang menginginkan lebih
banyak detail seputar perubahan ini, atau belum mencapai ambang batas pelanggan
baru 4.000 jam / 1.000 ini dapat terus mendapatkan keuntungan dari Akademi
Pembuat Konten kami, Pusat Bantuan kami, dan semua sumber di Situs Pencipta
untuk menumbuhkan saluran Anda.
Meskipun tahun 2017 merupakan tahun yang
penuh tantangan, berkat pencipta seperti Anda, itu penuh dengan saat-saat yang
membuat YouTube menjadi tempat yang spesial. Pembuat konten besar dan kecil,
mapan dan berkembang, mengubah bakat dan orisinalitas mereka menjadi video yang
memikat lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Mereka membuat kita
tertawa, mengajari kita tentang dunia kita dan menghangatkan hati kita. Kami
yakin langkah-langkah yang kami lakukan hari ini akan membantu melindungi dan
menumbuhkan komunitas inspiratif kami ke masa depan.
Neal Mohan, Chief Product Officer dan
Robert Kyncl, Chief Business Officer